Bila di haramkan, kenapa Alloh menciptakan babi?

 

Sebagai seorang muslim sangat wajar jika anda timbul pertanyaan mengenai berbagai makanan yang di haramkan. Salah satunya adalah di haramkannya memakan daging babi. Pasti dari anda ada yang bertanya, sebenarnya apa sih alasannya, kenapa daging babi itu haram, lantas pertanyaan berikutnya, jika memang haram kenapa Alloh harus menciptakan babi?.

 Bila di haramkan, kenapa Alloh menciptakan babi?

Oke buat anda yang saat ini juga bingung dan penasaran mengenai pertanyaan di atas, silahkan baca ulasan di bawah ini. dan semoga setelah membacanya anda mendapat penjelasan yang bisa memuasakan anda. silahkan disimak.

Jika di haramkan kenapa babi diciptakan?


Dalam Al Quran dengan tegas menyatakan haramnya daging babi. Bahkan, informasi pengharaman babi tersebut disebutkan sebanyak empat kali. Yakni di Surat Al Baqarah ayat 173, Surat Al Maidah ayat 3, surat Al An’am ayat 145 dan surat An Nahl ayat 115.

Oke , di atas adalah sumber yang menjadi acuan hukum kenapa babi itu haram, lantas pertanyaan berikutnya, kenapa jika diharamkan, babi itu di ciptakan.

Jadi jika diharamkan untuk apa sih babi itu diciptakan? Berikut ini penjelasannya


1. Alasan yang pertama untuk menguji manusia
Babi yang diharamkan anggap saja merupakan ujian untuk manusia seberapa ia patuh kepada Sang Pencipta. Manusia yang memakannya, maka ia tidak lulus dalam ujian itu. Manusia yang berpegang teguh pada larangan Allah dengan tidak memakannya, maka ia lulus dalam ujian itu.

    الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا

“Dialah (Allah) yang menciptakan mati dan hidup untuk menguji kalian siapakah di antara kalian yang paling baik amalnya.” (QS. Al Mulk: 2)

2. Sebagai sarana untuk meneguhkan hati manusia
Sebagai khalifatullah Manusia adalah khalifatullah fil ardh yang bertugas memakmurkan bumi. Banyak hewan yang dikira tidak memiliki manfaat ternyata membuat manusia menjadi kreatif dan berdaya. Termasuk babi. Dengan adanya babi, manusia bisa mengetahui tentang berbagai (bibit) penyakit yang dibawa binatang itu dan tertantang untuk meneliti obatnya.
Baca Juga : Daftar 10 Orang Terkaya Di Indonesia, Nomor 1 Akan Membuat Anda Terkejut !
Seperti diketahui, babi mengandung cacing pita bahkan merupakan carier virus flu babi (swine influenza).

3. Agar menjadi pelajaran agar tidak memiliki sifat sepertinya

Babi dikenal sebagai binatang yang malas, jorok dan rakus. Begitu joroknya babi, ia sampai memakan kotorannya sendiri. Bahkan, makanan yang akan ia makan kadang-kadang dikencingi dulu sebelum dilahap.

Rakusnya babi bisa dilihat dari makanan apapun yang ada di depannya akan dilahap. Sampah dan kotoran pun dilahap. Bahkan demi memuaskan kerakusannya, makanan yang telah memenuhi perutnya dimuntahkan kemudian dimakannya kembali.

Adanya babi selayaknya mengingatkan manusia agar tidak malas, tidak jorok dan tidak rakus.

Allah Subhanahu wa Ta’ala menggunakan babi sebagai perlambang keburukan. Bahkan, ada kaum terdahulu yang dikutuk menjadi babi karena perbuatan buruknya.


    قُلْ هَلْ أُنَبِّئُكُمْ بِشَرٍّ مِنْ ذَلِكَ مَثُوبَةً عِنْدَ اللَّهِ مَنْ لَعَنَهُ اللَّهُ وَغَضِبَ عَلَيْهِ وَجَعَلَ مِنْهُمُ الْقِرَدَةَ وَالْخَنَازِيرَ وَعَبَدَ الطَّاغُوتَ أُولَئِكَ شَرٌّ مَكَانًا وَأَضَلُّ عَنْ سَوَاءِ السَّبِيلِ

Katakanlah (Muhammad), "Apakah aku akan beritakan kepadamu tentang orang yang lebih buruk pembalasannya dari (orang fasik) di sisi Allah? Yaitu, orang yang dilaknat dan dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi dan (orang yang) menyembah thaghut." Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus. (QS. Al Maidah: 60)

Diatas adalah beberapa alasan masuk akal yang mungkin menjadi alasan kenapa babi itu di ciptakan. Mengenai benar tidaknya hanya Alloh sendiri yang tahu. Kita sebagai manusia hanya berusaha mencari tahu, dan kita manusia tempatnya salah dan lupa.



No comments:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !