15 CARA MENGATASI BAU KETIAK TANPA MEMBUAT KETIAK HITAM

 

Mengatasi bau ketiak Ketiak basah atau yang sering di sebut bubur ketek atau burket memang sangat mengganggu, dan membuat kita sangat tidak nyaman. Terlebih jika kita bekerja atau beraktivitas di tengah-tengah orang banyak yang menuntut kita sangat aktif dalam bekerja, di satu sisi kita di tuntut serba cepat, bisa menangani banyak hal, tapi di sisi lain aktivitas yang semakin tinggi memicu keluarnya keringat dari dalam tubuh  semakin besar. Dan bagian tubuh yang merupakan tempat keluarnya keringat adalah pada ketiak kita.
   
              
mengatasi bau ketiak


Penyebab Ketiak Basah Dan Bau


Makanan pedas
Pada saat makan makanan pedas maka tubuh akan bereaksi dengan mengeluarkan banyak keringat.

Mengkonsumsi kopi
Kafein yang ada kopi bisa merangsang sistem syaraf pusat sehingga menimbulkan kelenjar keringat, jadi semakin banyak konsumsi kafein  maka semakin banyak juga produksi keringat Anda dan otomatis akan berpengaruh pada ketiak

Konsumsi Makanan dan minuman yang masih panas
Mengonsumsi makanan atau minuman pada saat masih panas mengakibatkan suhu dalam tubuh  meningkat dan kejadian itu  memancing keluarnya keringat dalam jumlah berlebih

Memakai kain sintesis
Kain jenis sintesis seperti polyester dan akrilik dapat mencegah keringat menguap sehingga hal itu memicu tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak.

Premenstruation Syndrome atau PMS
Pada saat perempuan mengalami PMS maka kadar estrogen menjadi turun atau rendah sehingga menyebabkan kepanasan.

Rokok
Nikotin pada rokok dapat mempengaruhi kadar hormon, kulit dan otak. Nikotin memicu meningkatnya denyut jantung serta suhu dalam tubuh. Karena suhu tubuh meningkat maka keringat akan keluar

Minuman beralkohol
Saat mengonsumsi minuman beralkohol maka tubuh akan melalui proses vasodilatasi, yaitu suatu proses pelebaran pembuluh darah yang dapat mengakibatkan meningkatnya suhu pada kulit. Dan akibat kejadian itu otak akan bereaksi secara otomatis mengirimkan sinyal untuk menurunkan atau mendinginkan suhu tubuh dengan cara mengeluarkan keringat.

Pengaruh obat-obatan
Obat tertentu mempunyai efek samping dapat memicu produksi keringat lebih banyak, contohnya obat tekanan darah, antidepresan, beberapa obat diabetes dan obat anti-inflamasi

Tips untuk mengatasi ketiak basah dan bau

1. Menjaga kebersihan
Yang utama yang harus dilakukan untuk menghilangkan burket berlebihan adalah dengan mengevaluasi soal kebersihan kita, misalnya tentang kebersihan pakaian, memilih pakaian yang bisa menyerap keringat, kebersihan rumah, tempat kerja dan tentunya yang utama adalah kebersihan badan kita.  Kalau perlu pada saat mandi pakailah sabun khusus berbahan alami yang bisa mengurangi produksi keringat.

2. Kapur sirih
Cara kedua untuk menghilangkan burket berlebihan adalah dengan menggunakan kapur sirih. Caranya adalah, pilih kapur sirih dengan kwalitas yang baik,lalu oleskan pada ketiak dan biarkan sampai beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air dan bersihkan. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini sebelum mandi pagi maupun sore.

3. Mencukur bersih bulu ketiak
Agar keringat tidak berlebihan di ketiak, maka kita harus rajin mencukur bulu ketiak kita. Selain menampung keringat, bulu ketiak juga menjadi sarang kuman dan bakteri. Tapi yang perlu di perhatikan, Anda di larang  mencabut bulu ketiak atau mencukur terlalu pendek sebab, selain berpotensi membuat ketiak berwarna hitam, dari beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa mencabut bulu ketiak bisa berpotensi terkena kanker payudara. Walaupun hasil penelitian itu masih pro dan kontra, dan ada yang menganggap cuma mitos, tapi demi keamanan tidak ada salahnya kalo kita menghindari itu.

4. Tawas
Cara keempat untuk menghilangkan burket yang berlebihan adalah dengan tawas. Tawas telah lama di percaya dapat menghilangkan bau ketiak akibat keringat berlebih. Caranya: oleskan tawas saat mandi 2 kali sehari yaitu saat mandi pagi dan mandi sore.

5. Cuka Putih
Cuka putih juga dipercaya sangat berkhasiat dalam menghilangkan burket yang berlebihan. Caranya, teteskan cuka pada kapas kemudian oleskan pada ketiak kita. Diamkan berberapa menit lalu bilas menggunakan air. Jangan menggunakan deodorant di saat  memakai cuka putih. Jika ingin memakai deodorant lakukan beberapa jam setelah memakai cuka putih.

6. Konsumsi Buah
Cara lain yang alami dalam menghilangkan bau ketiak atau burket  adalah dengan  mengkonsumsi buah buahan. Beberapa buah-buahan yang harus di konsumsi untuk mencegah terjadinya bau pada bagian ketiak adalah, buah pir, buah apel, dan buah jeruk.

Jadi tidak ada salahnya jika kita sering-sering mengkonsumsi buah-buah di atas karena selain bisa menghilangkan bau ketiak tentunya juga baik untuk kesehatan kita. Dan sebaiknya makan buah tersebut secara langsung bukan di jus. Karena belakangan ini banyak penelitian yang menyebutkan bahwa makan buah dengan cara di jus dapat mengurangi manfaat dari yang di kandungnya.

7. Hindari Junkfood
Makanan cepat saji dapat membuat aroma keringat yang keluar dari tubuh kita berbau tidak sedap. Hal itu di karenakan dalam makanan junk food sangat rendah kadar seratnya, jadi apabila makanan tersebut mengalami pembusukkan di dalam perut bisa menimbulkan nafas serta aroma yang ada di dalam tubuh menjadi kurang sedap.

8. Memakai deodorant atau antiperspirant
Mengatasi burket dengan cara ini, adalah cara yang paling sering dilakukan banyak orang. Sebab selain praktis dan bisa di bawa kemana-mana, juga karena efek wangi yang di timbulkan setelah memakai deodorant ini bersifat seketika.

Sedangkan antiperspirant adalah suatu bahan yang difungsikan untuk menghentikan keringat. Untuk pemakaian deodarant ini disarankan  menghindari produk deodorant yang terlalu banyak mengandung parfum, sebab parfum malah akan memicu produksi bakteri dan keringat pada ketiak.

9. Baking soda
Baking soda juga dipercaya sangat bagus untuk mengusir keringat berlebih, sebab dalam baking soda mengandung zat alkaline yang berguna untuk memproduksi gas, yang mana gas tersebut bisa mengurangi produksi keringat pada ketiak.

Cara penggunaannya adalah: oleskan baking soda yang telah dicampur dengan air selama 25 menit. Pebandingan antara baking soda dan air adalah 2:1. Lakukan cara ini rutin tiap hari selama 1 minggu, dan bila di rasa sudah nampak hasilnya, maka kurangi frekuensi pemakaiannya, misalnya 2-3 kali saja dalam satu minggu.

10. Menggunakan jus lobak
Oleskan 1 sendok jus lobak pada masing-masing ketiak lalu diamkan beberapa menit. Lakukan cara ini setelah ketiak bersih atau setelah mandi.

11. Ramuan jeruk limau
Bahan yang di butuhkan: 1 buah jeruk limau, 3 sendok makan kapur sirih, 1 sendok teh bubuk merica dan 1 sendok teh bubuk kapur barus.

Cara penggunaan:
Campurkan semua bahan diatas lalu oleskan pada ketiak. Ramuan ini sangat bagus untuk mengusir bau keringat dan sekaligus sebagai antikeringat.

12. Daun sirih
Siapkan 4-6 lembar daun sirih lalu rebuslah dengan dua gelas air bersih.
Setelah mendidih dan dingin minum air rebusan tersebut setiap pagi. Jika ingin lebih enak bisa ditambahkan sedikit gula.

13. Deodorant dari daun sirih dan jeruk limau
Peraslah segenggam daun sirih lalu campurkan dengan sari jeruk limau. Kemudian pakailah sebagai deodoran. Caranya, oleskan pada bagian ketiak usai mandi dan sebelum tidur. Lakukan secara rutin tiap hari.

14. Lalapan daun jeruk purut
Caranya: ambil beberapa lembar daun jeruk purut lalu diiris-iris kecil, kemudian bubuhi kecap atau campur dengan sambal, lalu makanlah sebagai lalapan. Kandungan minyak asiri di dalam daun jeruk purut berguna untuk memperbaiki metabolisme lemak, sehingga tidak terjadi peroksida lemak yang dapat menurunkan senyawa-senyawa yang memicu bau tak sedap.

15. Ramuan Kunyit
Cara membuat: Siapkan dua jari kunyit, lalu kupas dan cuci bersih. Parut kunyit kemudian saring. Campurkan dengan 2/3 gelas air panas atau mendidih yang sudah kasih gula aren sebesar ibu jari tangan atau secukupnya.  Aduk hingga rata,diamkan sebentar hingga kunyit mengendap sempurna di dasar gelas. Minumlah secara rutin setiap menjelang tidur.

Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat,khususnya pada anda yang saat ini sedang mencari solusi untuk menghilangkan burket yang berlebihan dengan cara ampuh dan alami. Terimakasih telah berkunjung dan silahkan baca-baca tips-trik yang lain dalam blog ini.

Yuk di baca artikel menarik lainnya
INILAH TANDANYA PACAR KAMU BERNIAT MINTA PUTUS

No comments:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !