15 JENIS BUAH DENGAN SUMBER VITAMIN C TERTINGGI DIBANDINGKAN YANG LAIN

 

Buah dengan sumber vitamin C tertinggi-Kebanyakan orang hanya mengenal sumber vitamin C berasal dari buah jeruk. Padahal sangat banyak buah lain yang juga mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sebelum saya share mengenai jenis-jenis buah tersebut, tidak ada salahnya untuk menambah wawasan, kita bahas terlebih dahulu mengenai manfaat vitamin C ini buat tubuh kita.

buah dengan vitamin c tertinggi

Salah satu fungsi Vitamin C adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang mana hal ini adalah sangat penting, sebab semakin kuat kekebalan tubuh seseorang maka semakin sulit penyakit menyerang. 

Selain itu vitamin C juga bermanfaat untuk pembentukan kolagen serta membantu penyerapan zat besi. Oleh sebab itu jika kekurangan vitamin ini, bisa mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan, misalnya nyeri sendi dan anemia. Sementara itu untuk kasus kelebihan vitamin C sepertinya sangat jarang terjadi, sebab vitamin ini termasuk jenis vitamin yang mudah larut dalam air sehingga akan mudah hilang terbawa air seni dan keringat.

Nah berikutnya, di bawah ini adalah beberapa jenis buah-buahan yang sangat disarankan untuk banyak-banyak dikonsumsi, karena merupakan sumber vitamin C yang cukup tinggi.

1. Buah Jeruk
Seperti yang sudah di singgung di atas, jika jeruk merupakan buah yang sangat identik dengan vitamin C. Sebenarnya wajar saja karena dalam satu buah jeruk diperkirakan tersedia 50 sampai 70 mg kandungan vitamin C. Atau setara dengan kebutuhan harian vitamin C yang direkomendasikan. Selain itu jeruk juga merupakan sumber serat, folat, antioksidan dan mineral lainnya.

2. Buah Jambu biji
Mungkin banyak yang tidak mengira jika kandungan vitamin C dalam jambu biji hampir 2 kali lipatnya dari jeruk. Karena dalam 100 gram buah jambu biji terkandung 108 mg vitamin C. Kegunaan lain Buah jambu biji adalah untuk mengobati gangguan perut seperti diare.

3. Buah Apel
Vitamin C yang terkandung dalam 100 gram buah apel adalah sebesar 5 mg. Selain itu apel juga kaya akan flavonoid, yaitu antioksidan yang bermanfaat mengurangi risiko penyakit stroke, kanker serta jantung.

4. Buah Delima
Dalam satu buah delima mengandung 40 persen kebutuhan vitamin C harian yang di rekomendasikan. Dan buah ini juga mengandung folat, serat, kalium, niasin, vitamin dan mineral lainnya yang sangat baik buat tubuh. 

Antosianidin dalam buah delima mempunyai sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang mana berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah, melindungi gigi, mencegah osteoartritis, kanker payudara, alzheimer, kanker paru dan kanker prostat.

5. Buah Kiwi
Pada berat yang sama, buah kiwi mengandung sekitar dua kali lipatnya vitamin C yang terdapat pada jeruk. Selain merupakan sumber vitamin C, buah kiwi juga merupakan sumber magnesium, kalium, vitamin A serta E.

6. Buah Alpukat
Buah alpukat memiliki lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu dalam alpukat juga mengandung zat besi dan vitamin E. Serta mengandung 81 kalori, 3 gram serat dan 8 gram lemak.

7. Buah Anggur
Buah anggur memiliki kandungan vitamin c sebesar 10,8 mg di tiap 100 gramnya. Dalam anggur merah juga mengandung banyak zat besi, kalium, serat dan antioksidan lain yang berlimpah.

8. Stroberi
Pada satu porsi buah stroberi  seberat 147 gram, mengandung vitamin C sebanyak 86,5 mg. Dengan mengkonsumsi satu porsi buah stroberi tiap hari maka akan bermanfaat untuk mengendalikan diabetes tipe 2 dan mencegah serangan jantung. Selain sebagai sumber vitamin C buah ini juga kaya akan antioksidan.

9. Buah Pepaya
Dalam buah pepaya terkandung banyak vitamin C, folat serta karotenoid. Pepaya merupakan satu-satunya sumber penghasil papain, yaitu enzim pencernaan alami yang bermanfaat untuk membantu mencerna protein. Pada 150 gram buah pepaya mengandung vitamin C sebesar 90 mg.

10. Buah Sirsak
Sirsak adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin serta serat. Setengah buah sirsak ukuran sedang sudah mencukupi untuk memenuhi seluruh kebutuhan vitamin C yang direkomendasikan. Dan satu buah sirsak ukuran sedang sudah bisa memenuhi seluruh kebutuhan serat harian dalam tubuh.

Jadi dengan mengkonsumsi satu buah sirsak maka sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat serta dapat memperlambat penuaan. Selain itu juga pencernaan menjadi bagus dan proses detoksifikasi menjadi lancar.

Selain kandungannya yang tinggi akan vitamin dan serat, dalam buah sirsak juga mengandung fosfor dan kalsium, yaitu dua mineral yang sangat penting diperlukan untuk pembentukan massa tulang serta mencegah osteoporosis.

11. Buah Mangga
Dalam sebutir buah mangga, diperkirakan mengandung 60 mg vitamin C. Itu artinya sudah bisa memenuhi kebutuhan harian yang disarankan. Selain itu buah mangga juga kaya akan antioksidan, yang mana hal ini bisa membantu mencegah artritis, mempercepat penyembuhan luka dan juga sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

12. Buah Tomat
Tomat merupakan sumber vitamin C dan likopen, yaitu salah satu karotenoid terkuat yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Dalam satu buah tomat yang berukuran kecil bisa mengandung vitamin C sebesar 23 mg.

13. Buah Blewah
Pada sepotong buah blewah diperkirakan terkandung 49,2 mg vitamin C. Selain kaya vitamin C, blewah juga kaya serat dan vitamin A.

14. Buah Nanas
Dalam satu cangkir ukuran sedang buah nanas, mengandung 79 mg vitamin C . Hal ini bisa mencukupi sekitar 131 % dari kebutuhan harian tubuh yang direkomendasikan. Selain kaya akan vitamin C, nanas juga bermanfaat membantu meringankan sembelit . 

Dan juga nanas memiliki sifat anti inflamasi yang mana sangat bermanfaat mempercepat penyembuhan serta meningkatkan system kekebalan tubuh seseorang.

15. Buah Melon
Seperempat buah melon yang berukuran menengah mengandung 47 mg vitamin C dan 51 kalori. Selain itu melon juga kaya akan vitamin A serta Kalium.

Sebenarnya masih ada beberapa lagi buah-buahan yang juga merupakan sumber vitamin C selain yang disebutkan di atas. Misalnya buah pisang, leci, markisa, semangka dan yang lainnya. Dengan mengkonsumsi buah-buahan diatas secara rutin dengan porsi yang wajar, membantu Anda selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Oya, jangan lupa baca info berikut ini

Tanda-tanda pacar kamu minta putus
Cara terampuh memikat cewek
Cara mudah menghilangkan bau ketiak

No comments:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !